Cara Kerja Hidroponik Sistem Dutch Bucket

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi sahabat hidroponik se-Indonesia Pada kesempatan kali ini Hidrafarm akan menjelaskan tentang cara kerja Dutch Bucket system atau sering disingkat DB. Dutch Bucket sistem ini merupakan sistem hidroponik yang memungkinkan untuk pertumbuhan akar yang lebar dan luas sehingga sangat cocok sekali untuk menanam tomat dan cabe. Selain itu dengan Dutch Bucket ini anda bisa menanam mentimun gambas atau oyong, melon, semangka,  ataupun blewah. Karena tanaman-tanaman tadi adalah tanaman yang sangat memerlukan ruang perakaran yang lebar dan luas.
Untuk membuat Dutch bucket Anda memerlukan beberapa ember kemudian netpot berukuran besar, tandon untuk wadah nutrisi, pompa, selang, dan pipa pvc.
Hidroponik Dutch Bucket

Dutch Bucket disusun seperti gambar diatas. Ember ditata sedemikian rupa di atas sebuah meja setinggi 50 cm, kemudian di dalam ember diletakkan netpot ukuran diameter minimal 10 cm. Didalam netpot berisi media tanam yang mampu memberikan kelembaban yang baik pada akar, biasanya media tanam yang digunakan adalah hidroton. Jika anda tidak bisa mendapatkan hidroton, Anda bisa menggunakan arang kayu atau arang batok kelapa sebagai media tanam yang ditaruh didalam netpot.

Cara kerja dari sistem Dutch bucket ini nutrisi adalah sebagai berikut. Nutrisi yang diletakkan di dalam Tandon dipompa ke atas melalui selang nutrisi, dialirkan menuju ember-ember tempat media tanam dan tanaman tumbuh. Kita bisa lihat aliran nutrisi naik berwarna merah dialirkan menuju ember-ember tanaman.

Kemudian dari selang nutrisi masuk ke media tanam hidroton tadi nutrisi diteteskan pelan-pelan sehingga hidroton terbasahi dan lembab. Air nutrisi ada yang terserap oleh hidroton, dan ada juga yang lewat dan tertumpah menuju pipa balik. Kita bisa lihat air yang tertumpah digambarkan oleh panah warna kuning.

Air tumpahan dari ember-ember masuk ke dalam pipa balik dan dialirkan menuju ke tandon. Nutrisi yang terserap media hidroton membuat hidroton lembab oleh air nutrisi. Kemudian akar-akar tanaman Akan mencari nutrisi melalui celah-celah hidroton. Dengan hidroton, terdapat rongga-rongga udara yang akan menyuplai oksigen ke serabut-serabut akar, sehingga agar sehat dan mampu menyerap nutrisi dengan maksimal.

Nah! Demikian sobat hidroponik, penjelasan singkat tentang hidroponik sistem dutch bucket. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Share on Google Plus