Tanaman Hidroponik Disemai Menggunakan Kain Flanel

Sobat berkebun hidroponik hidrafarm, tanaman hidroponik akan tumbuh dengan baik jika diawali dengan semai benih yang baik pula. Semai benih yang baik menumbuhkan tanaman hidroponik yang baik, begitu pula sebaliknya. Tahap pertama belajar hidroponik adalah semai benih dngan benar. Jika telah dapat menyemai tanaman hidroponik dengan baik, maka akan mudah pada tahap berikutnya.

Banyak sekali media tanam untuk semai benih. Rockwool, cocopeat, arang sekam, dll. Memang rockwool media tanam yang paling praktis, namun jika anda kesulitan untuk mendapatkan rockwool, anda bisa menggunakan kain flannel sebagai alternatifnya. Nah! Pada kesempatan ini, saya akan menunjukkan kepada anda cara menyemai benih dengan kain flanel.


Kain flanel dapat anda cari di toko kain, dengan harga berkisar Rp. 35.000/meter. Jika anda membeli 1 meter saja, anda sudah mendapatkan banyak sekali kain flanel untuk menyemai benih. Kain flanel mempunyai sifat mudah menyerap air, mempunyai daya kapilaritas tinggi, dan mampu menyimpan air dalam waktu lama. Hal ini membuat tanaman menjadi lembab, yang akan memudahkan untuk tumbuh.

Tanaman Hidroponik Disemai Menggunakan Kain Flanel 

1. Pertama tentunya anda harus menyiapka kain flanel yang sudah anda beli, dan potong membentuk persegi panjang. Basahi kain flanel tersebut.

2. Benih yang akan anda tanam, misalnya cabe, harus anda rendam terlebih dahulu, karena tahap pertama perkecambahan adalah benih menyerap air sebanyak-banyaknya. Jika anda merendamnya, maka benih sudah melewati tahap pertama ini. Waktu merendam benih tidak perlu terlalu lama, sekitar 4 jam saja.

3. Untuk tanaman cabe, semakin pedas jenis cabenya, maka waktu perendaman lebih lama. Jika perlu gunakan campuran air dan bawang merah. Perlu anda ketahui, bawang, merah mengandung zat perangsang tumbuh alami.

4. Letakkan benih yang telah direndam diatas kain flanel yang basah. Ingat! Benih hanya butuh suasana yang lembab, dan tidak terlalu basah.

5. Selanjutnya anda perlu menutup benih dengan kain flanel basah di atas permukaan. Letakkan di tempat yang lembab. Jika anda ingin menutupnya dengan plastic hitam boleh saja, tetapi cukup 1 malam saja agar tidak terjadi etiolasi atau kecambah yang memanjang alias kutilang.

6. Setelah benih mulai berkecambah, cepat-cepat pindahkan ke media tanam arang, pecahan bata, atu pecahan batu karang. Jangan sampai terlambat terkena sinar matahari.

Begitu cara menyemai tanaman hidroponik dengan kain flanel, semoga semakin mahir menyemai ya.
Share on Google Plus