Serabut kelapa untuk media tanam.

19:09:00

Serabut kelapa adalah bahan yang sangat unik dan tersedia sangat melimpah di sekitar kita. Serabut kelapa mempunyai tekstur serat serat kasar dan juga cocopeat atau serbuk dari serabut kelapa yang mempunyai sifat menyerap air karena dia memiliki banyak rongga rongga. Serabut kelapa biasanya digunakan untuk media pembakaran, kerajinan tangan, dan bisa juga digunakan sebagai media tanam.

Media tanam dari serabut kelapa memiliki banyak keuntungan, itu mudah menyerap air dan menyimpan air, terdapat banyak rongga udara di dalam serabut kelapa yang akan membuat akar tanaman menjadi bercabang-cabang dan berserabut banyak. Sifat serat kelapa seperti inilah yang sangat bagus digunakan sebagai media tanam.

Media tanam dari serabut kelapa sudah digunakan sejak zaman Indian kuno untuk menanam sayuran mereka dan diapungkan di atas sungai. Dari sejarah Indian kuno tersebut maka perkebunan kami mulai mengadopsi menggunakan serabut kelapa sebagai media tanam.

Di kebun kami serabut kelapa diujicobakan kepada tanaman dan beberapa jenis sayuran dengan sistem hidroponik ataupun di dalam polybag. Ternyata semai menggunakan media tanam serabut kelapa menghasilkan tanaman atau sayuran remaja yang kuat dan sehat serta mempunyai sistem perakaran yang lebat dan berstatus banyak.

Media tanam dari serabut kelapa bisa langsung dimasuki biji atau benih tanaman lalu disiram dengan air. Setelah beberapa hari benih akan pecah dan tumbuh menjadi tanaman muda. Nutrisi diberikan secara terus menerus setiap hari dengan konsentrasi yang cukup untuk masing-masing tanaman. Setelah 10 hari dihasilkan tanaman remaja yang sehat segar dan berserabut banyak.

sudah tau belum nih? ada media tanam alternatif rockwool loh. kini hadir cocogrow, di buat dari serat sabut kelapa yang...

Dikirim oleh Hidroponik Store padaKamis, 18 Oktober 2018

You Might Also Like

1 comments

Statistik Pengunjung