Membuat Pestisida Alami

Berkebun merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, apalagi jika tanaman yang dirawat tumbuh subur dan memberikan hasil yang banyak. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan semacam itu, harus dilakukan perawatan yang intensif.

Perawatan ditujukan guna menghindarkan tanaman dari segala penyakit ataupun gulma yang bisa saja menyerang tanaman sehingga membuat pertumbuhan tanaman menjadi terganggu dan akhirnya bisa mengancam kehidupan tanaman tersebut. Sebagai solusi permasalahan semacam itu, maka membuat pestisida alami merupakan hal yang tepat guna menghindarkan dari segala kemungkinan negatif yang terkait dengan pertumbuhan tanaman.
 Membuat pestisida alami, dipilih sebab bahan yang digunakan juga berasal dari bahan alami yang pastinya tidak menimbulkan dampak negatif pada lingkungan sekitar. Bahkan, dengan membuat pestisida alami juga akan lebih hemat, karena bahan yang digunakan bisa didapatkan dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk jenis pestisida alami yang satu ini akan sangat efektif untuk memerangi segala hama tanaman yang meliputi semut, laba-laba, trips, kutu kebul, lalat buah, jangkrik, belalang, ulat daun jenis penggorok dan beberapa jenis hama lainnya yang sering kali mengganggu tanaman.
 Namun, perlu anda perhatikan jika tidak semua serangga akan menyebabkan kerugian pada tanaman, oleh sebab itu dalam melakukan pengaplikasian pestisida alami ini harus dilakukan secara hati-hati. Bagi anda yang ingin membuat pestisida alami, bisa mencoba beberapa langkah berikut ini.
Bahan
·    1 ons bawang putih yang dibersihkan
·    1 ons kunyit yang dibersihkan
·    3 ons lengkuas dibersihkan
·    3 batang sirih dibersihkan
·    Merica secukupnya
·    1 liter air
·    Sabun cuci piring secukupnya
Cara Pembuatan
1.    Siapkan bahan yang akan digunakan untuk membuat pestisida
2.    Tumbuk seluruh bahan yang ada hingga semua bahan tercampur dengan lembut
3.    Masukkan air dalam panci dan didihkan air tersebut
4.    Masukkan bahan-bahan yang telah ditumbuk tadi dalam sebuah panci
5.    Tambahkan sabun cuci piring secukupnya dan aduk hingga rata
6.    Biarkan campuran tadi hingga berubah menjadi dingin
7.    Lakukan penyaringan larutan dengan kain hingga ampaspun terpisah dari larutan
8.    Pestisida alami siap untuk digunakan
Setelah membuat pestisida alami semacam ini, maka anda bisa mengaplikasikannya dengan takaran yang dianjurkan. Untuk membasmi hama tanaman, maka anda bisa mencampurkan 100-200 cc pestisida alami yang anda buat dengan 3-4 liter air.
Setelah semuanya tercampur, anda bisa menyemprotkan pestisida tersebut pada tanaman yang diserang oleh hama. Dengan membuat pestisida alami semacam ini, maka tanaman di kebun ataupun tanaman hidroponik yang anda rawat akan terbebas dari serangan hama. Selain itu, tanaman tersebut juga akan memberikan hasil yang memuaskan. Nah, ingin mencobanya?
Share on Google Plus