Kelebihan dan Kekurangan Sayuran Hidroponik di Dalam Greenhouse

Penggunaan greenhouse saat ini sudah sangat luas untuk diterapkan dalam dunia pertanian. Greenhouse itu sendiri merupakan sebuah sebuah bangunan yang terstruktur yang dibuat dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang meliputi suhu, kelembaban, intensitas cahaya, ventilasi, irigasi serta beberapa faktor lainnya.

Penerapan teknik hidroponik dalam greenhouse untuk menanam berbagai macam sayuran semacam ini ternyata memberikan keuntungan dan kelebihan sebagai berikut.

Kelebihan hidroponik dalam greenhouse
Pada dasarnya, keputusan beberapa petani yang menerapkan greenhouse sebagai sarana penunjang untuk menerapkan teknik hidroponik, di dasarkan atas manfaat yang ditawarkan oleh greenhouse sebagai berikut.

a.    Hasil produksi yang meningkat
Hidroponik dalam greenhouse memberikan manfaat yang sangat besar bagi petani sebab dalam prakteknya, segala tanaman yang ditanam dalam greenhouse akan berada di bawah control pemiliknya, sehingga ketika tanaman kekurangan unsur hara, pemilik tersebut akan melakukan tindakan demi menjaga keseimbangan unsur hara tersebut. Dengan menerapkan cara ini, maka hasil panen juga akan meningkat.

b.    Kualitas produksi yang jauh lebih baik
Ketika anda menerapkan sistem hidroponik dalam greenhouse, bisa dipastikan bahwa tanaman yang anda miliki akan terhindar dari sinar ultra-violet, kelebihan suhu, atau polutan. Hal ini dikarenakan bahwa pemberian nutrisi serta perawatan yang yang berkala memberikan dampak positif pada peningkatan kualitas produksi tanaman anda.

c.    Mengurangi penggunaan pestisida
Ternyata, hidroponik dalam greenhouse seperti ini juga memberikan manfaat dari segi peminimalisiran penggunaan pestisida yang digunakan untuk menjaga pertumbuhan tanaman. Dengan menggunakan greenhouse, maka anda bisa memasang insec-screen pada dinding greenhouse sehingga kutu loncat ataupun kutu daun tidak bisa masuk ke dalam greenhouse.

d.    Sebagai sarana agrowisata
Perlu anda ketahui bahwa di beberapa daerah yang mencoba menggunakan teknik hidroponik dalam greenhouse semacam ini bisa dijadikan sebagai lahan bisnis agrowisata. Dalam hal ini, greenhouse bisa anda jadikan tempat untuk budi daya berbagai tanaman langka yang meliputi tanaman anggrek, buah dan beberapa tanaman lainnya.

Kekurangan hidroponik dalam greenhouse
Dari sekian banyak keuntungan yang ditawarkan oleh penerapan teknik tanam hidroponik dalam greenhouse, ternyata ada beberapa kerugian yang pastinya harus dipertimbangkan juga. Dalam hal ini, kerugiannya meliputi biaya pembuatan yang sangat tinggi, karena bahan pembuatnya yang sangat mahal. Selain itu, diperlukan perawatan ekstra serta sumber daya yang terampil dalam merawat tanaman hidroponik demi mendapatkan hasil tanam yang baik.


Penerapan sistem tanam hidroponik dalam greenhouse ternyata memberikan pengaruh positif dan negatif bagi pemiliknya. Dalam hal ini, dengan keuntungan yang sangat menggiurkan, tentunya juga ada resiko yang ditanggung. Untuk itu, sangat diperlukan pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk menerapkan teknik hidroponik menggunakan greenhouse semacam ini. Perhitungan yang tepat pastinya mampu menghasilkan hasil yang maksimal pula.
Share on Google Plus