Cara Membuat Bermacam-macam Pestisida Alami

Pestisida adalah campuran berbagai bahan kimia yang yang dimanfaatkan untuk membasmi permasalahan hama. Penggunaan pestisida jenis ini bisa mencemari lingkungan sekaligus merusak ekosistem lingkungan tersebut. Untuk itu, muncullah berbagai jenis pestisida alami sebagai solusi permasalahan tersebut. Berikut ini adalah cara membuat pestisida alami untuk memberantas hama tanaman.

Pestisida alami umbi gadung
Umbi gadung merupakan bahan alami yang mengandung senyawa kimia seperti saponin, alkaloid dan fenol yang sangat ampuh untuk memberantas hama. Beberapa jenis hama yang bisa diberantas dengan menggunakan pestisida umbi gadung adalah walang sangit, wereng, kepik dan jenis hama penghisap lainnya. Berikut cara membuat pestisida alami dari umbi gadung.
Bahan
·    500 gram umbi gadung
·     10 liter air
Cara Pembuatan
1.    Siapkan bahan yang diperlukan dan bersihkan gadung dari kotoran
2.    Potong menjadi bagian kecil dan blender hingga menjadi halus
3.    Saring dengan menggunakan kain sifon hingga tersisa airnya
4.    Larutan siap untuk digunakan
Untuk memanfaatkan umbi gadung sebagai pestisida, maka anda bisa menyemprotkan cairan tersebut pada tanaman yang terserang hama.

Pestisida alami dari Mimba
Mimba adalah tanaman yang sering kali ditemukan di pinggir jalan yang dimanfaatkan untuk keperluan pakan ternak. Akan tetapi, daun mimba bisa dimanfaatkan sebagai pestisida alami karena  kandungan azadirachtin salanin, neimbenin dan meliantriol. Pestisida ini bisa digunakan untuk membasmi kepik, walang sangit, wereng dan Lepidoptera. Berikut cara membuat pestisida alami dari daun Mimba.
Bahan
·    200 – 300 gram biji mimba halus
·    10 liter air
Cara Pembuatan
1.    Siapkan bahan yang diperlukan
2.    Campurkan biji mimba yang telah dihaluskan dengan 10 liter air hingga semuanya tercampur sampai rata
3.    Diamkan campuran tersebut hingga 1 malam
4.    Keesokan harinya saring dengan kain halus
5.    Larutan dari biji mimba siap untuk digunakan
Setelah selesai membuat pestisida alami ini, anda bisa langsung menyemprotkan larutan ini pada tanaman yang terserang hama.

Pestisida alami dari daun sirsak
Untuk memberantas hama, anda bisa menggunakan daun sirsak yang biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan kolesterol. Kandungan senyawa kimia yang terdapat dalam daun sirsak antara lain ammonia dan resin, yang mampu membunuh berbagai jenis hama trips. Untuk membuat pestisida alami dari daun sirsak bisa dilakukan dengan cara berikut ini.
Bahan
·    50 – 100 lembar daun sirsak
·    5 liter air
·    15 gram sabun detergen
Cara Pembuatan
1.    Siapkan bahan yang dibutuhkan
2.    Cuci bersih daun sirsak dan tumbuk hingga halus
3.    Campurkan hasil tumbukan daun sirsak dengan air dan detergen
4.    Diamkan campuran tersebut selama 12 jam
5.    Lakukan penyaringan untuk memisahkan ampas dengan airnya
6.    Larutan siap untuk digunakan
Untuk memanfaatkan larutan ini, maka anda bisa mencampurkan 10 – 15 liter air dengan 1 liter larutan daun sirsak tersebut atau dengan 1 tangki air dan 1 liter larutan. Dengan membuat pestisida alami ini, hama tanaman akan mati.
Penggunaan pestisida merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membasmi hama tanaman. Untuk  itu, membuat pestisida alami menjadi solusi permasalahan yang tepat. Dengan membuat pestisida alami ini, makan tanaman akan bebas dari hama dan lingkunganpun juga aman dari pencemaran bahan kimia.
Share on Google Plus