Cara Menanam Selada Hidroponik

Selada atau bahasa latinnya Lactucia Sativa merupakan jenis tanaman sayur-sayuran yang akan tumbuh subur ketika di tanam pada daerah yang beriklim tropis. Tanaman yang biasa dimanfaatkan sebagai campuran salad ini ternyata juga bisa dibudidayakan dengan menggunakan teknik tanam selada hidroponik yang pastinya juga akan memberikan hasil yang memuaskan ketika dilakukan perawatan secara continue dan baik.

Teknik tanam selada hidroponik ini pada dasarnya ditujukan pada mereka yang memiliki hobi berkebun namun tidak memiliki lahan yang luas sebagai tempat untuk bercocok tanam. Oleh sebab itu, dengan berkembangnya teknik pertanian ataupun berkebun yang semakin pesat, maka muncullah teknik tanam selada hidroponik yang juga akan memberikan hasil yang memuaskan.
Teknik tanam selada hidroponik semacam ini sangat mudah untuk dipraktekkan sebab media yang digunakan sangatlah sederhana dan tidak menghabiskan biaya yang sangat banyak. Dengan adanya kelebihan semacam ini, maka teknik tanam selada hidroponik ini bisa diterapkan oleh siapa saja yang ingin memuaskan hobi berkebun mereka.
Selain itu, teknik tanam selada hidroponik di atas juga bisa dikembangkan untuk ukuran yang lebih besar, tidak hanya di bak saja, bisa juga di kolam.
Bahan
·    Bak plastik persegi
·    Rockwool secukupnya
·    Gelas bekas air mineral
·    Styrofoam (disesuaikan dengan ukuran bak plastik)
·    Alumunium foil
Cara Pembuatan
1.    Siapkan styrofoam lalu potong dengan mengikuti ukuran bak plastik yang telah disiapkan
2.    Pastikan anda melapisi styrofoam dengan alumunium foil
3.    Lubangi styrofoam dengan diameter sebesar diameter gelas air mineral bagian tengah
4.    Masukkan air yang telah diberikan nutrisi pada bak lalu tempatkan styrofoam di atasnya
5.    Buatlah lubang pada bagian dasar gelas kemasan air minum
6.    Tempatkan gelas yang telah berlubang tadi pada setiap lubang styrofoam hingga dasar gelas kemasan air minum tadi menyentuh air yang bernutrisi
7.    Buatlah potongan rockwool sebesar 3 x 3 x 3 cm dan buatlah lubang pada bagian tengahnya sebagai tempat untuk meletakkan biji selada
8.    Masukkan rockwool yang telah berisi biji selada dalam gelas air minum yang telah berlubang tadi
9.    Lakukan perawatan sebagaimana mestinya untuk menjaga agar selada tumbuh dengan baik

Bagi anda yang ingin menerapkan teknik tanam selada hidroponik, maka anda harus memperhatikan berbagai hal kaitannya dengan perawatan tanaman untuk mendapatkan hasil yang baik. Dalam hal ini, pada teknik tanam selada hidroponik , anda harus melakukan pengecekan pada pH air dan menjaga pH supaya pada batasan 5,5 – 6,8.
Selain memperhatikan hal tersebut, al lain yang juga  diperhatikan guna menjaga pertumbuhan tanaman adalah, anda juga harus menjaga supaya ketinggian air masih tetap pada jangkauan akar. Dengan cara ini, maka anda bisa mendapatkan hasil dari berkebun selada menggunakan teknik hidroponik.


Share on Google Plus