Membuat Rak Hidroponik Sendiri di Rumah

Hidroponik kini semakin banyak diminati di Indonesia, karena cara menanam yang mudah, tidak tergantung cuaca. Pada kesempatan ini, admin akan memberikan contoh cara membuat rak hidroponik sederhana, yang bisa anda terapkan di rumah anda sendiri. Anda bisa mendapatkan alat dan bahannya dengan mudah pula.

Rak yang akan kita buat adalah rak hidroponik dengan PVC 3 inch dan diatur membentuk huruf A.
Pertama, anda harus menyiapkan rangka, bisa dengan kayu, besi, atau baja ringan. Kemudian PVC 3 inch dilubangi untuk tempat net pot. Anda dapat melihat gambar berikut, namun anda tentunya mempunyai kreasi yang lebih baik lagi. Kemiringan bidang diatur sehingga tidak mengganggu pertumbuhan tanaman yang terus semakin tinggi. Untuk penyanga PVC anda dapat menggunakan besi yang dilengkungkan.

Air nutrisi masuk dari satu sisi, dan keluar bersama pada sisi yang lain. Pada ujung PVC dipasang pipa kecil PVC 3/4 inch untuk pembuangan ke tandon.
Pipa pembuangan diatur ketinggiannya, sehingga air dalam PVC 3 inch menyentuh dasar netpot. Disini perlu percobaan beberapa kali biasanya untuk menemukan tinggi yang tepat, tergantung dari kekuatan pompa air untuk mengalirkan debit air.

Untuk instalasi input nutrisi, anda bisa menggunakan PVC 1/2 inch sebagai pipa primer, dan dilanjutkan selang HDPE sebagai pipa sekunder untuk membagi ke semua PVC tempat tanaman. Bagian yang dilingkari merah adalah saluran pembuangan, dan terdapat kran untuk pembuangan. Jika anda meletakkan rak ini di luar rumah tanpa naungan, saat hujan anda harus memutar kran ini agar air hujan tidak masuk ke tandon.

Jarak tanam diatur antara 15 cm sampai 20 cm. Jarak tanam ini diukur dari as atau titik tengah kingkaran lubang. Jarak ini bisa anda sesuaikan dengan jenis tanaman yang ingin anda tanam. Tanaman yang berdaun lebar, tentunya jaraknya semakin lebar. Tanaman berdaun pendek, jaraknya pun bisa dibuat pendek. Silahkan sesuaikan dengan tanaman yang ingin anda tanam.
 Rak bisa anda letakkan tanpa naungan atau pun dengan naungan. Jika anda letakkan di luar tanpa naungan, tentunya anda harus siaga saat musim hujan, anda harus memutar kran sebelum hujan turun agar air tidak masuk tandon dan mengencerkan air nutrisi.
 Selamat mencoba, dan saya yakin anda bisa lebih baik dari contoh di atas. Semoga sukses yaa.


Share on Google Plus